SEMARAK ARAMCO "HEALTHY KIDS, HEALTHY NATION"


SEMARAK ARAMCO "HEALTHY KIDS, HEALTHY NATION"
CILACAP, 26 Januari 2019. Meningkatkan derajat kesehatan para pelajar, Saudi Aramco bekerjasama dengan Yayasan Kusuma Buana dan Pemerintah Kabupaten Cilacap melakukan berbagai kegiatan dalam Program Aramco Healthy Kids, Healthy Nation. Kegiatan untuk mempromosikan gaya hidup sehat ini menjangkau sekitar 5.700 warga Cilacap. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan mulai dari pemasangan fasilitas cuci tangan untuk 20 sekolah dan pesantren, perbaikan fasilitas sanitasi, lalu ada perbaikan dan pembangunan 7 kantin sekolah dan pesantren, dan 7 petugas kantin diperiksa kesehatannya. Selain itu 13 kebun sayur hidroponik sekolah telah dibangun untuk mendorong siswa makan lebih banyak sayuran, serta penyuluhan kesehatan yang diikut skeitar 5.700 orang yang terdiri dari para siswa, santri, guru, ustaz, dan orangtua. Puncaknya, Sabtu (26/1) kemarin dilaksanakan Semarak Aramco Anak Sehat, Bangsa Sehat dengan melaksanakan senam massal yang diikuti sekitar 2000 peserta mulai dari siswa, guru, jajaran Pemkab Cilacap, Yayasan Kusum Buana dan Direktur Pelaksana Aramco Asia Singapura. Direktur Pelaksana Aramco Asia Singapura,

Nader Al-Arfaj mengatakan, kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak bulan Juni 2018 ini merupakan kegiatan pertanggungjawaban sosial (CSR) dari produsen energi dan bahan kimia terkemuka ini. “Aramco percaya bahwa kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan siswa akan memperkuat bangsa dan melalui kegiatan di sekolah ini  akan memberikan kontribusi penting bagi generasi penerus dimasa yang akan datang,” katanya. 

Karena itu, dengan bekerja sama dengan Yayasan Kusuma Buana, mendukung upaya pemerintah Cilacap untuk mengurangi penyakit yang berkaitan dengan lingkungan dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan air, sanitasi dan nutrisi dan pengelolaan limbah.

Diharapkan dengan adanya penyuluhan kesehatan ini, para siswa, santri, orangtua, guru, ustadz dan juga orangtua dapat memupuk kebiasaan bersih seumur hidupnya. Serta dapat menyebarkan pengetahuan itu kepada masyarakat lainnya atau keluarga lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.
Selain di Cilacap ada berbagai kegiatan CSR yang sudah dilaksanakan oleh Aramco di Indonesia, mulai dari proyek housing di Batam, penyediaan sarana air bersih bagi para korban bencana gempa bumi di Lombok.

Ketua Yayasan Kusuma Buana Joedo Prihartono mengatakan melalui progam Aramco Healthy Kids, Healthy Nation ini juga sebagai upaya pemerintah meningkatkan nilai indeks pembangunan manusia Indonesia. “Dengan meningkatkan kesehatan siswa sekolah dasar dan santri berusia 6-11 tahun, program ini berupaya agar Indonesia dapat menuai peluang bonus demografi para periode 2020-2030,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Cilacap, Farid Ma’ruf menyampaikan terima kasih dengan bantuan yang diberikan untuk meningkatkan kesehatan dan pendidikan masyarakat Cilacap. "Melalui bantuan ini mudah-mudahan bisa meningkatkan pendidikan dan kesehatan anak didik, maka akan-anak sekarang akan menjadi kuat, dan menjadi anak cerdas. Sehingga kedepan bisa membangun Indonesia, khususnya Cilacap menjadi lebih maju lagi,” ujarnya.

Pemkab berharap, agar bantuan yang diberikan nantinya juga akan terus berlanjut. Bukan hanya untuk masyarakat Kota Cilacap saja, tetapi juga menyebar ke masyarakat di kecamatan lainnya. Selain itu bantuan yang diberikan juga bisa untuk menanggulangi kemiskinan, di antaranya pembangunan rumah tidak layak huni.

Festival Semarak Healthy Kids, Healthy Nation yang digelar di alun-alun, Sabtu kemarin diwarnai kegiatan senam massal, tarian tradisional Cilacap Jalungmas, teater parodi oleh siswa, pembacaan pidato oleh pemenang kompetisi pidato dan pemberian penghargaan kepada para pemenang kompetisi sekolah sehat, kompetisi menggambar dan lomba cerdas cermat.

Komentar